Home / Internasional / Nasional / News

Senin, 12 Januari 2026 - 03:54 WIB

4 Manfaat Minum Kopi Murni Tanpa Gula untuk Kesehatan Tubuh

Kopi Tampa Gula

Kopi Tampa Gula

JAKARTA,http://Eksisjambi.com – Minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Namun, manfaat kopi akan lebih optimal jika di konsumsi dalam bentuk kopi murni tanpa tambahan gula maupun krimer. Sejumlah penelitian ilmiah membuktikan bahwa kopi hitam mengandung berbagai senyawa aktif yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut empat manfaat utama minum kopi murni tanpa gula yang di dukung oleh hasil riset terpercaya:

1. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan kafein dalam kopi berperan penting dalam meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan fungsi kognitif. Konsumsi kopi secara rutin dalam jumlah wajar juga di kaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga :  Asia Tenggara Dilanda Banjir Luas Akibat Serangan Monsun & Siklon Tropis

Sumber: Harvard T.H. Chan School of Public Health (2021)

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kopi sebanyak 2–3 cangkir per hari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Efek ini di duga berasal dari kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam kopi yang mendukung kesehatan pembuluh darah.

Sumber: European Society of Cardiology (ESC Heart Failure, 2021)

3. Meningkatkan Energi dan Fokus

Kafein dalam kopi bekerja dengan menstimulasi sistem saraf pusat, sehingga membantu melawan rasa lelah, meningkatkan energi, serta memperbaiki performa fisik dan mental. Tak heran jika kopi kerap menjadi pilihan untuk meningkatkan produktivitas.

Sumber: National Library of Medicine (PubMed), 2018

Baca Juga :  Wujudkan Kota Kuala Tungkal Bebas Genangan, Bupati Anwar Sadat Pantau Pembersihan Drainase

4. Meningkatkan Sistem Imun

Kopi murni kaya akan antioksidan, seperti polifenol, yang berperan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi risiko peradangan.

Sumber: Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2012

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, di sarankan mengonsumsi kopi murni tanpa gula atau krimer berlebihan, dengan batas aman maksimal 2–3 cangkir per hari. Konsumsi berlebihan justru dapat memicu gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar dan gangguan tidur.

Dengan cara konsumsi yang tepat, kopi tidak hanya menjadi minuman favorit, tetapi juga dapat berkontribusi positif bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.**

 

Share :

Baca Juga

Advertorial

Normalisasi Sungai Lewat Pembangunan Embung

Daerah

Wako Ahmadi Sukses Lantik 12 Pejabat Eselon II

Daerah

Waketum MUI: Awal Ramadan 1447 H Berpotensi Tidak Seragam, Umat Diminta Jaga Ukhuwah

Daerah

Ketua DPRD Fajran Pimpin Rapat dengar pendapat bersama Pemkot Sungai Penuh

Daerah

Kapolres Tebo AKBP I Wayan Arta Ariawan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2023
Wako Alfin

Advertorial

Pemkot Sungai Penuh dan Kemenkumham Jambi Jalin Kerja Sama Pemasyarakatan

Daerah

Tim Penyuluh Pertanian Kota Sungai Penuh Raih Juara 1 Nasional LCC Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI

Bangko

Wabup A. Khafidh Sebutkan Adanya Dana APBN Rp 1,4 Milyar untuk Perikanan